bappedaBUNGO Berita Utama Dr. AURI ADHAM PUTRO, S.Sos, M.Si 02 Jul 2024 166


Pentingnya pemerintah daerah (pemda) untuk memperhatikan ketersediaan pupuk bersubsidi dan mendukung Program Cetak Sawah Baru, mengemuka pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi hari ini (Senin, 2 Juli 2024). Pada rakor yang dilaksanakan secara hybrid ini, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Komjen (Pol) Drs. Tomsi Tohir, M.Si menekankan tentang pentingnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani urusan pertanian dan tanaman pangan di seluruh Indonesia, untuk lebih serius lagi dalam memperhatikan tata kelola pupuk bersubsidi.

Selaras dengan pernyataan di atas, salah seorang narasumber lainnya pada rakor tersebut, yaitu Direktur Perlindungan dan Penyediaan Lahan Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian RI Ir. Baginda Siagian juga menegaskan tentang pentingnya pemerintah daerah untuk menggenjot produksi pangan dalam negeri. Bahkan Ir. Baginda Siagian minta agar pemerintah daerah yang telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) untuk mendukung upaya pemerintah pusat dalam menjalankan Road Map Indonesia menuju Swasembada dan Lumbung Pangan Dunia 2029 melalui Program Pompanisasi, Optimalisasi Lahan Rawa, dan Cetak Sawah.

Rakor yang diikuti secara virtual oleh Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bungo ini, berlangsung di Ruang Zoom Meeting Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo. Dari unsur forkopimda, tampak hadir Perwira Seksi (Pasi) Teritorial Komando Distrik Militer (Kodim) 0416 Bungo Tebo Lettu Feri EP dan perwakilan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Bungo Yan Aldie Ayyubie. Dari unsur TPID hadir Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda), Dr. R. Yudi PA, S.E., M.E., Inspektur Pembantu (Irban) IV Inspektorat Daerah Hari Eka Setyawan, S.T., Kepala Bidang Ketersediaan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Joni Ali, S.Hut, dan perwakilan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Soni Ahmad Wirawan.

Selain itu juga hadir perwakilan TPID dari Bappeda Kabupaten Bungo, yaitu Kepala Bidang Ekonomi Dr. Auri Adham Putro, S.Sos., M.Si, Perencana Ahli Muda (Dr. Aminah, S.Sos., M.M. dan Neti Hirawati, S.E.), serta Analis Perencanaan Tutur Maryana Sinaga, S.Sos.



2 Kali Survei Lapangan: Bukti Keseriusan Pemerintah Pusat untuk Penataan Kawasan Pedestrian Perkotaan Muara Bungo
bappedaBUNGO

Pemprov Jambi dorong Kabupaten/Kota untuk Optimalisasi DBH Kelapa Sawit
bappedaBUNGO

Beberapa Catatan pasca Evaluasi SAKIP Pemkab Bungo 2024
bappedaBUNGO