bappedaBUNGO Berita Utama Administrator 05 Jul 2024 78


Adanya target nasional Universal Health Coverage (UHC) sebesar 98% pada tahun 2024 dan seiring dengan terbitnya Surat Gubernur Jambi Nomor S-1576/Setda.Kesra-3.1/VI/2024 Tanggal 20 Juni 2024 Perihal Dana Alokasi Umum (DAU) Earmarked Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk Potensi UHC 2024, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Muara Bungo semakin intensif berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo.

Rabu 3 Juli 2024, Pimpinan BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, masing-masing Kepala Bidang (Kabid) Kepesertaan Elfira Tirta Sari dan Relationship Officer Mutia Rifka Hartiwi mengunjungi Bappeda Kabupaten Bungo dalam rangka koordinasi menjelang dilaksanakannya Forum Pemangku Kepentingan yang dijadwalkan pada Hari Kamis, 4 Juli 2024. Kedatangan Pimpinan BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo ini disambut oleh Kepala Bidang Ekonomi Dr. Auri Adham Putro, S.Sos., M.Si, Kepala Bidang Sosial dan Budaya Dewi Rejeki, S.Pt., M.E. dan Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Supardi, S.AP., M.A.P.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Kerja Kepala Bidang Ekonomi, Elfira Tirta Sari menjelaskan bahwa saat ini capaian UHC Kabupaten Bungo adalah 86% dan berada di peringkat 6 dari 11 kabupaten/kota se-Provinsi Jambi. Dari sisi data, saat ini terdapat 44.462 orang warga Kabupaten Bungo yang belum mendapatkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).     

Menanggapi penjelasan tersebut, 3 orang Kepala Bidang di Bappeda menegaskan bahwa saat ini Pemkab Bungo tengah bekerja keras menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2024 dan di antaranya tengah disusun secara cermat kemungkinan untuk memenuhi harapan BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo tersebut. Di penghujung pertemuan, tidak lupa Elfira Tirta Sari mengingatkan kembali tentang jadwal pelaksanaan Forum Pemangku Kepentingan yang dijadwalkan pada Hari Kamis 4 Juli 2024.



2 Kali Survei Lapangan: Bukti Keseriusan Pemerintah Pusat untuk Penataan Kawasan Pedestrian Perkotaan Muara Bungo
bappedaBUNGO

Pemprov Jambi dorong Kabupaten/Kota untuk Optimalisasi DBH Kelapa Sawit
bappedaBUNGO

Beberapa Catatan pasca Evaluasi SAKIP Pemkab Bungo 2024
bappedaBUNGO