bappedaBUNGO Berita Utama Dr. Auri Adham Putro, S.Sos, M.Si 02 Okt 2024 122

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan Program Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo hari ini (Rabu, 2 Oktober 2024) menginisiasi pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Cakupan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Wilayah Kabupaten Bungo. Rapat berlangsung di Aula BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo, Jalan Sultan Thaha, Muara Bungo.

Rakor diikuti oleh jajaran Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Bungo serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) non-TAPD, yaitu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP), dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dusun (PMD).

Dari unsur BPJS Ketenagakerjaan, rapat dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Cabang Kelas 3 Muara Bungo dr. H. Muhammad Rifa’i Siregar dan bertindak sebagai pemandu jalannya rapat Kepala Bidang Kepesertaan Kantor Cabang Kelas 3 Muara Bungo Hedry Nora, S.H.

Sedangkan dari unsur TAPD, rapat dikoordinir secara langsung oleh Sekretaris Daerah sekaligus Ketua TAPD Kabupaten Bungo Drs. Mursidi, M.M. Selain itu, seluruh Anggota TAPD juga tampak hadir, baik dari unsur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), maupun Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD). Dari unsur Bappeda hadir Kepala Bappeda H. Deddy Irawan, S.E., M.M. dan Kepala Bidang Ekonomi Dr. Auri Adham Putro, S.Sos., M.Si.

Dalam kesempatan menyampaikan arahan, Drs. Mursidi, M.M. menegaskan bahwa meskipun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo memiliki keterbatasan kemampuan keuangan daerah, namun tetap berkomitmen untuk meningkatkan Cakupan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Komitmen itu ditandai dengan senantiasa dianggarkannya perlindungan sosial ketenagakerjaan melalui Program Gerakan Dusun Membangun (GDM) dan mendorong pemerintah kecamatan serta pemerintah dusun/kelurahan untuk mengalokasikan anggaran bagi pegawai syara’ dan guru ngaji.

Sementara itu dalam arahannya, Kepala Kantor Cabang Kelas 3 Muara Bungo dr. H. Muhammad Rifa’i Siregar menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama yang telah dibangun selama ini antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo dengan Pemkab Bungo. Buah dari kerjasama yang baik itu di antaranya ditandai dengan suksesnya Kabupaten Bungo meraih Penghargaan Terbaik I Paritrana Award Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2024 dari Badan Penyelenggara (BP) Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

Dalam sesi penyampaian pandangan dari peserta rakor, Kepala Bappeda H. Deddy Irawan, S.E., M.M. mengatakan bahwa perlindungan sosial ketenagakerjaan ini mutlak mendapatkan perhatian yang terus menerus oleh pemerintah daerah. Bahkan dari sisi ini, Bappeda Kabupaten Bungo telah berupaya lebih maju, yaitu dengan menginisiasi perlindungan sosial bagi Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) lingkup Bappeda Kabupaten Bungo yang pencanangannya dilaksanakan pada tanggal 9 September 2024 yang lalu. Semua upaya ini diarahkan agar terjadi peningkatan Universal Coverage Jamsostek (UCJ).

Di akhir pelaksanaan rakor, Kepala Kantor Cabang Kelas 3 Muara Bungo dr. H. Muhammad Rifa’i Siregar menyampaikan salam perpisahan sekaligus permohonan ma’af kepada seluruh peserta rakor, mengingat dalam waktu dekat ia akan segera pindah tugas ke Kantor Wilayah (Kanwil) BPJS Ketenagakerjaan Sumatra Bagian Utama (Sumbagut) yang berpusat di Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara.



IPS Kabupaten Bungo Tahun 2024 Naik Signifikan
bappedaBUNGO

Pemkab Bungo Bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo untuk Meningkatkan UCJ
bappedaBUNGO

Sosialisasi RBP BioCF-ISFL: Bukti Komitmen Bank Dunia dan Pemerintah Pusat terhadap Tutupan Hutan di Kabupaten Bungo
bappedaBUNGO