bappedaBUNGO Berita Utama 26 Jan 2023 524


Pada Hari Rabu, Tanggal 25 Januari 2023 telah dilaksanakan Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Desa dan Penanganan Desa Blank Spot. Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bungo yakni Bapak H. Deddy Irawan, S.E., M.M. Pada acara tersebut dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah, General Manager PT. Telkom Jambi yakni Bapak Hasnul Arif Rangkuti beserta jajarannya, Kepala Cabang Bank Jambi Muara Bungo, Kepala Cabang PT. PLN Muara Bungo, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Muara Bungo, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Dusun, Perguruan Tinggi dan Pelaku UMKM.

Dalam sambutannya, Kepala Bappeda menyampaikan beberapa hal terkait dengan: 1). Pentingnya teknologi dan informasi dalam mempermudah pekerjaan dan aktifitas khususnya dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan daerah; 2). Kemajuan teknologi dan informasi menjadi sarana pisau bermata dua (bisa berdampak positif dan negatif) oleh sebab itu, perlunya edukasi terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dengan bijak; 3). Pemanfaatan teknologi informasi sudah mulai dimanfaatkan termasuk untuk kepentingan administrasi sampai ke tingkat dusun; 4). Perlunya sarana teknologi praktis dan fleksibel untuk pengentasan permasalahan Blank Spot di beberapa dusun di Kabupaten Bungo, mengingat pembangunan tower jaringan butuh alokasi anggaran yang cukup besar dan membutuhkan waktu yang lama; 5). Teknologi dan informasi juga bisa dijadikan sebagai potensi Pendapatan Asli Dusun melalui teknologi dan informasi melalui mekanisme Bumdus, salah satunya Penyediaan produk jaringan internet; dan 6). Percepatan pemanfaatan teknologi dan informasi dalam rangka mendorong pertumbuhan Bidang Ekonomi, Sosial Budaya dan khususnya Bidang Pendidikan.

Selanjutnya, General Manager PT. Telkom Jambi memperkenalkan Produk Starlink, sebagai solusi bagi area Blank Spot yang ada di Kabupaten Bungo. Pemancar sinyal berbasis satelit ini, fleksibel dan dinamis untuk digunakan dimanapun berada, segingga sangat efektif dan kualitas jaringan yang stabil dikarenakan Starlink akan secara otomatis mencari lokasi satelit terdekat. (zk)



TPPS Kabupaten Bungo Mengikuti Studi Tiru Percepatan Penurunan Stunting ke Daerah Istimewa Yogyakarta
bappedaBUNGO

PNS Bappeda Bungo ikuti Pelatihan Manajemen Risiko Organisasi Sektor Publik
bappedaBUNGO

Kenaikan Harga Beras menjadi Perhatian Khusus Pemerintah Pusat
bappedaBUNGO