bappedaBUNGO Berita Utama 13 Sep 2023 615


Setelah muncul wacana penghapusan Tenaga Honorer sejak ±1 tahun terakhir, akhirnya sekarang Tenaga Honorer dapat bernafas lega. Hal ini seiring dengan keluarnya pernyataan (statement) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, yang menegaskan bahwa Tenaga Honorer baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah, batal dihapus dari rencana semula tanggal 28 November 2023.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari detikFinance edisi tanggal 12 September 2023, MenPANRB menegaskan bahwa keputusan pembatalan penghapusan Tenaga Honorer dilatarbelakangi oleh adanya upaya pemerintah pusat untuk mencegah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dalam jumlah besar (massal). MenPANRB juga menyebutkan bahwa kebijakan penghapusan Tenaga Honorer telah diperkuat pula dengan terbitnya Surat Edaran (SE) yang meminta Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), dalam hal ini seluruh Kepala Daerah di Indonesia, untuk tetap mengalokasikan anggaran guna pembiayaan Tenaga Non-Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut.

Statement yang disampaikan oleh MenPANRB ini tentu disambut gembira oleh Tenaga Honorer di lingkup Bappeda Kabupaten Bungo. Anggita Dyah Ningrum, S.E., Tenaga Honorer yang sehari-hari bertugas di Sekretariat Bappeda mengekspresikan kegembiraannya atas keluarnya statement MenPANRB. Menurut Anggita Dyah Ningrum, S.E.  pembatalan kebijakan penghapusan Tenaga Honorer ini patut untuk disyukuri dan ini menunjukkan kepedulian pemerintah pusat terhadap keberadaan Tenaga Honorer di daerah.

Rasa gembira juga diekspresikan oleh Rahayu Puji Astuti, S.E., yang sehari-hari bertugas pada Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Bappeda Kabupaten Bungo. Menurut Rahayu Puji Astuti, S.E., pembatalan penghapusan Tenaga Honorer oleh pemerintah pusat merupakan berita yang menyenangkan.

Beberapa orang Tenaga Honorer lainnya di Bappeda Kabupaten Bungo seperti Dessy Syafrita, S.E. dan Yulinar, S.Sos juga menyampaikan rasa gembiranya. Mereka berharap agar kebijakan ini mampu menambah motivasi bekerja agar lebih baik lagi dalam membantu atasan/pimpinan.



TPPS Kabupaten Bungo Mengikuti Studi Tiru Percepatan Penurunan Stunting ke Daerah Istimewa Yogyakarta
bappedaBUNGO

PNS Bappeda Bungo ikuti Pelatihan Manajemen Risiko Organisasi Sektor Publik
bappedaBUNGO

Kenaikan Harga Beras menjadi Perhatian Khusus Pemerintah Pusat
bappedaBUNGO