bappedaBUNGO Berita Utama 19 Okt 2022 291


Pada Hari Rabu Tanggal 19 Oktober 2022 telah dilaksanakan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bungo Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-57 Kabupaten Bungo Tahun 2022. Pada Rapat Paripurna tersebut, dihadiri langsung oleh Bapak Gubernur Jambi (Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H), Bupati/Walikota dalam Provinsi Jambi, Bupati Dharmasraya, Bupati Gunung Kidul dan Sekretaris Daerah Kota Solok serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bungo. 

Bupati Bungo (H. Mashuri, S.P., M.E) menyampaikan sambutannya dan menjelaskan secara umum gambaran capaian kinerja pembangunan di Kabupaten Bungo selama Tahun 2021-2022. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bungo, dapat disampaikan bahwa, angka Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Bungo pada Tahun 2021 mencapai 5,12 Persen. Angka pertumbuhan ini mengalami peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan Tahun 2020 yang hanya sebesar   Minus 0,44 Persen. Selanjutnya, untuk indikator pembangunan makro lainnya, yang menjadi gambaran dari tingkat kesejahteraan masyarakat, dapat dilihat dari Indeks Pembangungan Manusia (IPM). Selama tahun 2016-2021, IPM Kabupaten Bungo terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Adapun angka IPM Kabupaten Bungo saat ini adalah sebesar 70,15.

Sejalan dengan upaya peningkatan kinerja pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, yang mampu memberikan dampak positif terhadap capaian indikator makro lainnya, seperti indikator Indeks Gini Kabupaten Bungo yang berada pada angka 0,30 pada tahun 2021, angka ini lebih rendah bila dibandingkan dengan tahun 2020 dengan angka 0,31. Kondisi penurunan Indeks Gini tersebut merupakan salah satu wujud keberhasilan Kabupaten Bungo dalam rangka mengurangi ketimpangan pendapatan.

Meskipun saat ini, pandemi covid-19 Insya Allah sudah mulai berakhir, namun demikian, kita tengah dihadapkan dengan tantangan baru di Bidang Ekonomi, yakni berupa kenaikan harga pada beberapa komoditas, yang memicu terjadinya kenaikan angka inflasi. Oleh sebab itu, dalam acara yang sangat penting ini, marilah bersama sama kita memupuk semangat dalam membangun Kabupaten Bungo, yang selaras dengan “Tema HUT Kabupaten Bungo yang ke-57 tahun ini, yaitu: Pulih Lebih Cepat, Ekonomi Bangkit Lebih Kuat, Menuju Bungo Maju dan Sejahtera“. Tukas beliau.(zk)



TPPS Kabupaten Bungo Mengikuti Studi Tiru Percepatan Penurunan Stunting ke Daerah Istimewa Yogyakarta
bappedaBUNGO

PNS Bappeda Bungo ikuti Pelatihan Manajemen Risiko Organisasi Sektor Publik
bappedaBUNGO

Kenaikan Harga Beras menjadi Perhatian Khusus Pemerintah Pusat
bappedaBUNGO