bappedaBUNGO Berita Utama Dr. Auri Adham Putro, S.Sos, M.Si 26 Jun 2024 323

Menindaklanjuti Peraturan Badan Pusat Statistik (BPS) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektorat (EPSS), hari ini (Rabu, 26 Juni 2024), telah dilaksanakan Penilaian Interview EPSS 2024, dengan sasaran Tim Penilai Internal (TPI) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo. Pelaksanaan penilaian interview ini didasarkan atas Surat Kepala BPS Kabupaten Bungo Nomor B-487/15090/KA.110/2024 Tanggal 24 Juni 2024 Perihal Undangan Interview EPSS 2024.

Kegiatan penilaian interview dilaksanakan secara virtual di Ruang Anggrek Bappeda Kabupaten Bungo dan sebagai penilai adalah Tim Penilai Badan (TPB), yaitu BPS Kota Sungai Penuh. Sedangkan dari unsur yang dinilai terdiri dari 4 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Bungo, yaitu Bappeda, Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) dan Persandian, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), serta Dinas Ketahanan Pangan.

Keikutsertaan Bappeda Kabupaten Bungo sebagai TPI pada penilaian interview ini diikuti oleh Dr. Auri Adham Putro, S.Sos., M.Si (Kepala Bidang Ekonomi), Dr. Yunardi, S.KM., M.Kes (Perencana Ahli Madya), dan Dr. Aminah, S.Sos., M.M. (Perencana Ahli Muda), serta beberapa orang Pejabat Fungsional Tertentu dan Tenaga Honorer. Sedangkan dari unsur TPI lainnya diikuti oleh Neti Herawati, S.Kom (Dinas Kominfo dan Persandian), Jonni Ali, S.Hut., M.Si dan Adi Riansyah, S.Pt (Dinas Ketahanan Pangan), dan MC. Dalas Fonda (Dinas TPHP).

Dalam kesempatan menyampaikan penilaian interview, Ketua Tim Penilai Verry Kurniawan, S.E. (Pranata Komputer Ahli Muda pada BPS Kota Sungai Penuh), banyak menggali informasi sekaligus minta konfirmasi kepada TPI Pemkab Bungo tentang 38 indikator yang dijadikan penilaian berikut pemenuhan data dukungnya. Terhadap penggalian informasi dan pemenuhan data dukung tersebut, TPI Pemkab Bungo menyatakan akan memenuhi beberapa data dukung baru yang dianggap lebih relevan melalui link google drive, sesuai dengan limit waktu yang disediakan oleh TPB.

Merujuk kepada pengalaman keikutsertaan TPI Pemkab Bungo pada EPSS selama 2 tahun terakhir, Dr. Auri Adham Putro, S.Sos., M.Si menyatakan rasa optimismenya bahwa Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kabupaten Bungo akan bergerak naik dari semula 1,14 pada tahun 2023 menjadi 2,60 pada tahun 2024. Hal ini sangat beralasan, mengingat kinerja TPI Pemkab Bungo selama ini senantiasa mendapatkan pembinaan secara intensif dari BPS Kabupaten Bungo melalui Citra Saputra, S.E., Harry Jedra Mortin, S.Tr.Stat, dan Iffati Uzma, S.Tr.Stat.



IPS Kabupaten Bungo Tahun 2024 Naik Signifikan
bappedaBUNGO

Pemkab Bungo Bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo untuk Meningkatkan UCJ
bappedaBUNGO

Sosialisasi RBP BioCF-ISFL: Bukti Komitmen Bank Dunia dan Pemerintah Pusat terhadap Tutupan Hutan di Kabupaten Bungo
bappedaBUNGO