bappedaBUNGO Berita Utama Dr. Auri Adham Putro, S.Sos, M.Si 29 Jun 2024 246

Pasca pelaksanaan Penilaian Interview Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2024 beberapa hari yang lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bungo langsung bersinergi menyelenggarakan pembinaan statistik sektoral. Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari terbitnya Surat Kepala BPS Kabupaten Bungo Nomor B-489/15090/KA.110/2024 Tanggal 24 Juni 2024 Perihal Pembinaan Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo.  

Kegiatan pembinaan statistik sektoral ini diadakan di Aula BPS Kabupaten Bungo pada Hari Kamis 27 Juni 2024 dan diikuti oleh Tim Penilai Internal (TPI) Pemkab Bungo yang terdiri dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Bungo, termasuk Bappeda Kabupaten Bungo. Dr. Auri Adham Putro, S.Sos., M.Si (Kepala Bidang Ekonomi) dan Dr. Aminah, S.Sos., M.M. (Perencana Ahli Muda) merupakan representasi dari Bappeda pada kegiatan ini.

Dalam kesempatan menyampaikan arahan di sesi pembukaan, Kepala BPS Kabupaten Bungo Ardiansyah, S.ST., M.E. menegaskan tentang pentingnya pengelolaan data statistik sektoral guna mendukung pembangunan daerah. Tidak lupa pula, Ardiansyah, S.ST., M.E. menekankan tentang tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data statistik sektoral sekaligus  memperkuat kapasitas aparatur dalam mengelola data sektoral agar semakin akurat, relevan, dan dapat dipertanggungjawabkan di kemudian hari.

Sebagai apresiasi atas komitmen Pemkab Bungo dalam menyelenggarakan statistik sektoral, pada kegiatan ini BPS Kabupaten Bungo juga memberikan piagam penghargaan kepada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bungo. Pemberian piagam diserahkan langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Bungo Ardiansyah, S.ST., M.E. kepada Syofyan Maas, S.P. selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bungo.

Pada kesempatan menyampaikan materi, Tenaga Fungsional BPS Kabupaten Bungo Harry Jedra Mortin, S.Tr.Stat dan Citra Saputra, S.E. menegaskan tentang beberapa point penting yang harus dilakukan oleh OPD di lingkup Pemkab Bungo, antara lain: Pertama, pentingnya OPD untuk mengajukan rekomendasi statistik. Kedua, pentingnya OPD untuk mengisi metadata. Ketiga, perlunya OPD untuk melakukan penunjukan Walidata Pendukung, pembuatan portal web dinas, pembentukan e-mail aktif OPD dengan domain bungokab.go.id., pembentukan e-mail aktif Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan domain bungokab.go.id., dan pembuatan media sosial OPD.



IPS Kabupaten Bungo Tahun 2024 Naik Signifikan
bappedaBUNGO

Pemkab Bungo Bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo untuk Meningkatkan UCJ
bappedaBUNGO

Sosialisasi RBP BioCF-ISFL: Bukti Komitmen Bank Dunia dan Pemerintah Pusat terhadap Tutupan Hutan di Kabupaten Bungo
bappedaBUNGO