bappedaBUNGO Berita Utama 04 Okt 2023 353


Naiknya harga beras di mayoritas daerah di Indonesia, dalam kurun waktu 3 minggu terakhir, menjadi perhatian khusus pemerintah pusat. Hal ini mengemuka pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi secara Virtual yang dilaksanakan pada Hari Selasa, 3 Oktober 2023. Jalannya rakor dipimpin dan dipandu oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tomsi Tohir Balaw.

 

Untuk ruang lingkup Kabupaten Bungo, rakor dilaksanakan di Ruang Utama Kantor Bupati Bungo. Rakor dipimpin oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bungo, Ir. H. Syaiful Azhar, M.E. dan dihadiri oleh Perwakilan Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bungo beserta seluruh personil Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Bungo.

  

Dalam kesempatan menyampaikan arahan, Irjen Kemendagri Tomsi Tohir Balaw menegaskan bahwa berdasarkan data yang dimiliki oleh Kemendagri, tampak bahwa Operasi Pasar (OP) beras yang dilaksanakan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) di seluruh tingkatan, belum berdampak positif terhadap menurunnya harga beras di pasaran. Hal ini menandakan bahwa harga beras di pasar menunjukkan tren naik, meskipun pada saat yang sama Bulog melaksanakan OP. Khusus mengenai penyaluran Beras Bantuan Pangan di wilayah Provinsi Jambi, Tomsi Tohir Balaw menyampaikan bahwa realisasinya sampai saat ini sudah berjalan 100%.

 

Pelaksanaan rakor diisi oleh penyampaian materi beberapa orang narasumber, di antaranya Amalia Adininggar Widyasanti (Plt. Kepala Badan Pusat Statistik), Dr. Andriko Noto Susanto (Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional), dan Epi Sulandari, S.Si., M.E. (Kepala Divisi Perencanaan Operasional dan Pelayanan Publik Perusahaan Umum Perum Badan Urusan Logistik.

 

Kehadiran Kepala Bappeda Kabupaten Bungo pada rakor ini diwakili oleh Dr. Auri Adham Putro, S.Sos., M.Si (Kepala Bidang Ekonomi Bappeda).



TPPS Kabupaten Bungo Mengikuti Studi Tiru Percepatan Penurunan Stunting ke Daerah Istimewa Yogyakarta
bappedaBUNGO

PNS Bappeda Bungo ikuti Pelatihan Manajemen Risiko Organisasi Sektor Publik
bappedaBUNGO

Kenaikan Harga Beras menjadi Perhatian Khusus Pemerintah Pusat
bappedaBUNGO