bappedaBUNGO Berita Utama Dr. Auri Adham Putro, S.Sos, M.Si 04 Okt 2024 99

Kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bungo, membuahkan hasil yang menggembirakan. Berdasarkan Keputusan Kepala BPS Nomor 605 Tahun 2024 Tanggal 11 September 2024 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2024, disebutkan bahwa Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kabupaten Bungo tahun 2024 adalah 2,60 (Kategori Baik).

Raihan IPS ini menempatkan Kabupaten Bungo pada posisi nomor 2 setelah Kota Jambi yang memperoleh 2,64 (Kategori Baik). Dibandingkan dengan IPS tahun 2023 yaitu 1,14 (Kategori Kurang), tentu ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan sekaligus mengandung konsekwensi agar dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang.

Kepala Bappeda H. Deddy Irawan, S.E., M.M. menyampaikan rasa syukur atas kenaikan IPS yang cukup signifikan dibandingkan tahun 2023. Menurutnya, ini merupakan hasil kerja keras dan kerjasama Tim Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Kabupaten Bungo. Tidak lupa H. Deddy Irawan, S.E., M.M. berharap agar capaian IPS ini terus meningkat seiring dengan sinergi bersama yang telah dibangun selama ini.

Capaian IPS yang menggembirakan ini, juga direspon positif oleh Kepala BPS Kabupaten Bungo Ardiansyah, S.ST., M.E. Menurut orang nomor satu di BPS Kabupaten Bungo ini, IPS merupakan sebuah indikator yang digunakan untuk mengukur kemampuan atau kemajuan suatu negara, daerah, atau lembaga dalam mengembangkan dan mengelola data serta statistik yang berkualitas. Menurutnya, keberhasilan memperoleh IPS 2,60 ini berkat dukungan berbagai pihak yang terus menerus berkolaborasi dengan BPS Kabupaten Bungo, khususnya Bappeda Kabupaten Bungo dan 2 (dua) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sampel, yaitu Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP).

Di level yang lebih teknis, capaian IPS dengan Kategori Baik ini sudah barang tentu harus menjadi pemicu agar Tim Penilai Internal (TPI) Kabupaten Bungo semakin termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Sebagai TPI dari unsur Bappeda Kabupaten Bungo, Dr. Auri Adham Putro, S.Sos., M.Si berharap agar soliditas TPI semakin meningkat, terutama dalam pemenuhan data dukung (evidence) dari sejumlah indikator yang dijadikan penilaian dalam setiap kali penyelenggaraan EPSS.



IPS Kabupaten Bungo Tahun 2024 Naik Signifikan
bappedaBUNGO

Pemkab Bungo Bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo untuk Meningkatkan UCJ
bappedaBUNGO

Sosialisasi RBP BioCF-ISFL: Bukti Komitmen Bank Dunia dan Pemerintah Pusat terhadap Tutupan Hutan di Kabupaten Bungo
bappedaBUNGO