bappedaBUNGO Berita Utama Dr. Auri Adham Putro, S.Sos, M.Si 18 Jun 2024 321


Bertempat di Ruang Cempaka Kuning Bappeda Kabupaten Bungo, Rabu 12 Juni 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo, resmi mendistribusikan Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada Perwakilan Koperasi Unit Desa (KUD) yang ada di Kabupaten Bungo.

Pendistribusian ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor 91 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Dana Bagi Hasil (DBH) Perkebunan Sawit, dimana Kabupaten Bungo mendapatkan alokasi DBH sebesar 14,9 Milyar Lebih.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Bungo H. Safrudin Dwi Apriyanto, S.Pd., M.M. menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mengalokasikan DBH Kelapa Sawit bagi Kabupaten Bungo. Menurut Wakil Bupati, pengalokasian DBH ini tentu harus kita sikapi dengan baik, dan salah satunya Pemkab Bungo berkomitmen untuk memberikan Perlindungan Sosial bagi Pekerja Perkebunan Kelapa Sawit yang Belum Terdaftar sebagai Peserta Program Jaminan sosial.

Pada kesempatan yang sama, Pejabat Pengganti Sementara (PPS) BPJS Ketenagakerjaan Cabang Muara Bungo, Hedry Nora mengatakan bahwa dari DBH Kelapa Sawit yang diterima oleh Pemkab Bungo pada tahun 2023, akan dialokasikan anggaran perlindungan sosial bagi 2.000 orang pekerja perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Bungo, terutama bagi yang belum terdaftar sebagai Peserta Program Jaminan Sosial. Dalam kesempatan itu, Hedry Nora juga mengharapkan agar Pemkab Bungo kembali mengalokasikan anggaran perlindungan sosial bagi pekerja perkebunan kelapa sawit dari DBH Kelapa Sawit Tahun 2024.

Kegiatan yang berlangsung setengah hari ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bungo Muhammad Hasbi, S.P., M.Si, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bungo Zamroni, S.Ag. dan Kepala Bappeda Kabupaten Bungo H. Deddy Irawan, S.E., M.M. beserta Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Dr. Auri Adham Putro, S.Sos., M.Si dan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Bappeda Yusron, S.H., M.Si.

Di penghujung kegiatan, dilaksanakan penyerahan secara simbolis Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada beberapa orang Perwakilan KUD yang mengelola perkebunan kelapa sawit.



Pemkab Bungo dukung sepenuhnya Keberlanjutan Pemberdayaan SAD oleh SSS Pundi Sumatra
bappedaBUNGO

2 Kali Survei Lapangan: Bukti Keseriusan Pemerintah Pusat untuk Penataan Kawasan Pedestrian Perkotaan Muara Bungo
bappedaBUNGO

Pemprov Jambi dorong Kabupaten/Kota untuk Optimalisasi DBH Kelapa Sawit
bappedaBUNGO