bappedaBUNGO Berita Utama 13 Okt 2022 403


Pada Hari Kamis s.d. Jumat, Tanggal 13 s.d. 14 Oktober 2022 telah dilaksanakan Sosialisasi Sistem Informasi Pelaporan (SIPela) dan Bimbingan Teknis Penggunaan Aplikasi e-monev. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Bungo dan dihadiri oleh seluruh pejabat yang menangani pelaporan pada Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bungo.

Pemaparan terkait SIPela dan e-monev disampaikan oleh Perencana Ahli Muda Bappeda Kabupaten Bungo (Zeka Apriadi, S.E., M.M). Narasumber menjelaskan bahwa, Pemerintah Kabupaten Bungo tengah membangun sebuah Sistem Informasi yakni Sistem Informasi Pengendalian dan Pelaporan Terintegrasi (SILPI). SILPI ini terbagi lagi menjadi beberapa Sistem Informasi, dan salah satunya adalah Sistem Informasi Pelaporan (SIPela). Di dalam SIPela itu sendiri terdapat dua aplikasi berbasis web yakni e-monev dan Sistem Informasi Pelaporan Dana Alokasi Khusus (SIPDAK). Aplikasi e-monev merupakan aplikasi berbasis web untuk pelaporan seluruh program dan kegiatan pembangunan  yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah yang diakomodir melalui APBD Kabupaten Bungo, sedangkan SIPDAK dikhususkan untuk pelaporan Dana Alokasi Khusus (DAK) sesuai format Surat Edaran 3 (tiga) Kementerian. Aplikasi ini akan terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Tegas narasumber.

Setelah pemaparan sosialisasi, dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi e-monev. Semua Perangkat Daerah melakukan input data ke dalam aplikasi e-monev untuk menguji kelayakan aplikasi. Dalam pelaksanaan penginputan masih terdapat beberapa kendala yang langsung dapat diatasi oleh programer (Pardiono). Pada saat penginputan, Perangkat Daerah juga didampingi oleh Tim Monitoring dan Pelaporan (Mala, Ayu, Syilvia dan Lindawati). Acara berjalan dengan sukses.(zk)



TPPS Kabupaten Bungo Mengikuti Studi Tiru Percepatan Penurunan Stunting ke Daerah Istimewa Yogyakarta
bappedaBUNGO

PNS Bappeda Bungo ikuti Pelatihan Manajemen Risiko Organisasi Sektor Publik
bappedaBUNGO

Kenaikan Harga Beras menjadi Perhatian Khusus Pemerintah Pusat
bappedaBUNGO