bappedaBUNGO Berita Utama 04 Apr 2022 783


Menindaklanjuti hasil Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah (FPD/LPD) Kabupaten Bungo yang telah dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 13 Maret 2022, Bappeda Kabupaten Bungo menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bungo Tahun 2023 pada Hari Rabu (23 Maret 2022) di Aula Cempaka Kuning Bappeda.

 

Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Bupati Bungo, H. Mashuri, S.P., M.E. Menariknya, selain mengundang Kepala Bappeda Provinsi Jambi, para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bungo, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan pemangku kepentingan (stakeholder), musrenbang juga mengikutsertakan sejumlah institusi kepanjangan tangan pemerintah pusat di Provinsi Jambi, antara lain Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) V Jambi,  Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jambi, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi dan Kepulauan Riau, Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah (BPPW) Jambi, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra VI Jambi, dan Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatra IV Jambi.

Dalam kesempatan menyampaikan laporan, Kepala Bappeda Kabupaten Bungo, H. Deddy Irawan, S.E., M.M. menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD ialah untuk mempertajam rencana program dan kegiatan tahun 2023 sebagaimana yang telah diusulkan dalam Musrenbang Tingkat Dusun/ Kelurahan dan Tingkat Kecamatan serta memperhatikan hasil reses Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bungo.

 

Dalam kesempatan memberikan pemaparan, Kepala Bappeda Provinsi Jambi yang diwakili oleh Ir. Ruspen, M.Si (Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam), menguraikan tentang Rancangan RKPD Provinsi Jambi Tahun 2023, yang di dalamnya memuat tentang Kondisi Umum Daerah, Isu Strategis dan Tema RKPD Tahun 2023 (Peningkatan Produktivitas untuk Pertumbuhan Hijau), Kerangka Ekonomi Makro (KEM) Daerah Tahun 2023, dan Prioritas Pembangunan Daerah.

Sementara dalam kesempatan membuka acara, Bupati Bungo H. Mashuri, S.P., M.E. menegaskan bahwa pada tahun 2023 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo akan fokus pada 4 prioritas unggulan pembangunan sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bungo Tahun 2021-2026, yakni Bungo sebagai Pusat Ekonomi, Bungo sebagai Pusat Kesehatan, Bungo sebagai Pusat Pendidikan, dan Pembangunan Infrastruktur yang Berkelanjutan.

 

Musrenbang RKPD Kabupaten Bungo juga diisi dengan penyampaian materi 4 orang narasumber yang dipandu oleh Kepala Bidang Ekonomi, Dr. Auri Adham Putro, S.Sos., M.Si. Adapun 4 narasumber yang menyampaikan materinya ialah Fajar Rijadi, S.T., M.T. (Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada BPTD V Jambi), Rosderia Purba, S.Pd., M.Pd (Widyaprada Ahli Madya pada LPMP Jambi), Drs. Supriyadi, M.E. (Kepala BPKAD Kabupaten Bungo), dan H. Bambang Rodianto, S.E., M.E. (Kepala BPPRD Kabupaten Bungo).
 

Selain penyampaian materi oleh para narasumber dan dilanjutkan dengan tanya-jawab oleh beberapa Kepala OPD, kegiatan musrenbang ini juga dimeriahkan oleh penampilan musik dari Brothers Voice Muara Bungo, sajian kopi dari Umah Kopi Muara Bungo, dan bazar dari sejumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bawah binaan Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan Kabupaten Bungo.



TPPS Kabupaten Bungo Mengikuti Studi Tiru Percepatan Penurunan Stunting ke Daerah Istimewa Yogyakarta
bappedaBUNGO

PNS Bappeda Bungo ikuti Pelatihan Manajemen Risiko Organisasi Sektor Publik
bappedaBUNGO

Kenaikan Harga Beras menjadi Perhatian Khusus Pemerintah Pusat
bappedaBUNGO