Peta Utama
Peta SD Negeri
Peta SMP Negeri
Peta SMA Negeri
Your result will display here
 
BERANDA     PUBLIKASI     GALLERY     BUKU TAMU    


PEMERINTAH KABUPATEN BUNGO
BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

Jl. R. M. Thaher No. 504
MUARA BUNGO - 37214
Telp. 0747-21476


Beranda

Profil Bappeda

Produk Bappeda

Dokumen Perencanaan

Unit Kerja Bappeda

Ringkasan APBD

Program Unggulan Bungo

Perda RTRW Kab. Bungo

Profil Bandara

Laporan Kinerja Pemerintah Kabupaten Bungo

Perjanjian Kinerja Pemerintah Kabupaten Bungo

Laporan Pembangunan

Data Statistik

Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Pemerintah Kabupaten Bungo

  PENCARIAN DATA :

Gallery Foto

  

Batas Administrasi Kecamatan

Potensi Perkebunan

Database Pendidikan/Sekolah

Kawasan Hutan

Database Infrastruktur (Jalan)

Menurut anda, bagaimana isi materi dari website ini ?

 Cukup Lengkap
             30%
 Cukup
             14%
 Kurang Lengkap
             56%

 
User ID :
Password :
 

JADWAL PENERBANGAN BANDAR UDARA MUARA BUNGO

Jakarta - Ma.Bungo (Selasa 14.30, Kamis 14.30, Jum'at 14.30, Minggu 14.30); Ma.Bungo - Jakarta (Selasa 15.45, Kamis 15.45, Jum'at 15.45, Minggu 15.45)

Official website Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bungo http://bappeda.bungokab.go.id

22-03-2017  Bupati Bungo Buka Musrenbang RKPD tahun 2018
Muara Bungo- Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) yang digelar pada hari Selasa (21/3) kemarin yang bertempat di Aula Cempaka Kuning Kantor Bappeda. Musrenbang RKPD yang bertema “ Mewujudkan Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Berkualitas, Implementatif dan Berdaya Saing menuju Kabupaten Maju dan Sejahtera 2021”. Dalam acara Musrenbang RKPD turut diundang Forkompinda, Perangkat Daerah, Anggota DPRD Kabupaten Bungo, Anggota DPRD Jambi, SETDA, Camat, Lurah, Rio, Kabupaten Tetangga seperti Kabupaten Tebo, Merangin, dan Damasraya,Kemudian LSM, Ormas, Pers, BUMD,BUMN, BUMS, Departemen/ Non Departemen, Perguruan Tinggi di Kabupaten Bungo dan Organisasi Mahasiswa. Musrenbang dibuka langsung oleh Bupati Bungo H. Mashuri, serta tampak hadir pula Wabup Bungo H. Safaruddin Dwi Apriyanto, Kepala Bappeda Provinsi Jambi. Tujuan dilaksanakannya Musrenbang ini untuk melakukan penajaman, penyelarasan, pengklarifikasian dan penyepakatan terhadap Rancangan RKPD tahun 2018. Oleh karena itu untuk lebih memfokuskan dan mengoptimalkan hasil telah dilakukan Pra Musrenbang RKPD pada hari Senin (20/3) kemaran bersama Perangkat Daerah dan pihak kecamatan. Bupati dalam arahanya berharap kepada peserta musrenbang untuk lebih berperan aktif dalam mensikapi berbagai issu dan permasalahan pembangunan yang berkembang ditengah masyarakat, seperti issu pendidikan, kemiskinan lapangan pekerjaan dan penganguran, kesehatan, infrastruktur dan lainya yang harus diatasi. Dikesempatan ini, dia juga menyinggung program dari tingkat pusat. Tim yang ada di Bappeda harus lebih aktif, agar proposal dari perangkat daerah bisa segera dimasukan ke provinsi maupun pusat dalam waktu segera. Sementara itu, kepala Bappeda Provinsi Jambi dalam paparanya mengatakan, program usulan dalam proposal tidak akan disetujui pusat kalau program itu tidak langsung berdampak ke masyarakat.

14-03-2017  BUNGO GAGAS DUSUN ONLINE
Pemerintah Kabupaten Bungo bekerja sama dengan Komunitas Konsversi Indonesia (KKI) WARSI mengagas konsep kabupaten hijau. Konsep ini tidak hanya fokus di pusat perkotaan saja, namun akan diperluas hingga tingkat kecamatan sampai ketingkat desa/dusun. Pemkab Bungo dan KKI WARSI menggelar konsultasi publik sistem informasi desa “DUSUN ONLINE” sebagai sarana pendukung kabupaten hijau , di Amaris Hotel Muaro Bungo (28/2) lalu.
Konsep ini selaras dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa yang telah memperluas kewenangan dusun sebagai wilayah administrasi pemerintah terendah. Undang-undang ini juga bertujuan membentuk pemerintahan desa yang profesional, efisien dan efektif, terbuka serta bertanggung jawab. Hal ini diwujudkan dengan meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat desa guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan umum. meningkatkan ketahanan sosial budaya masyarakat desa yang bersatu sebagai bagian nasional, dan memajukan perekonomiaan masyarakat desa serta mengatasi kesenjangan pembangunan nasional dan memperkuat masyatakat desa sebagai subjek pembangun. Deputi Direktur KKI WARSI Yulqari mengatakan, agar semua itu bisa diakomodir, maka perlu dilakukan kegiatan pemetaan potensi ruang mikro desa secara lengkap (spesial dan sosial), ditail dan mudah diakses oleh masyarakat desa khususnya dan pemerintah daerah (BAPPEDA) umumnya.
Jika ini bisa dilakakukan akan terjadi sinkronisasi perencanaan pembangunan tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi sampai nasional. Hal ini juga didukung oleh program pemerintah Kabupaten Bungo untuk membangun “DUSUN ONLINE” sebagai salah satu target jangka menengah yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Bungo 2016-2021, WARSI bersama Bappeda Bungo dan masyarakat setempat telah melakukan kegiatan pemetaan potensi ruang mikro desa-desa PHBM yang ada di Kecamatan Bathin III Ulu. Dengan demikian, akan terbangun peran aktif masyarakat desa dalam penyusunan database tataruang mikro dan penyusunan RPJMDus.
Penggunaan data ini bisa untuk kegiatan musrembang di tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi, untuk awal ini terpilih lima dusun di kecamatan Bathin III Ulu, yaitu Dusun Lubuk Beringin, Dusun Senamat Ulu, Dusun Sungai Telang, Dusun Buat, dan Dusun Laman Panjang.
Sementara Bupati Bungo H. Mashuri mengatakan, Pihaknya salaku pemerintah kabupaten sangat mendukung program dusun online yang saat ini sedang digagas oleh KKI WARSI dan Bappeda Bungo. Dalam hal ini, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi juga sedang menggagas sistem perencanaan berdemensi ekonomi,sosial dan lingkungan. Tiga dimensi ini akan menjadi alat ukur keberhasilan/ kegagalan dalam pembangunan desa. Hal ini juga sejalan dengan konsep kabupaten hijau yang melandaskan pembangunan berdasarkan tiga dimensi tersebut.

13-03-2017  Bupati Buka Rapat Koordinasi Forum Perangkat Daerah Untuk Bungo Maju Dan Sejahtera
Muara Bungo- Selasa (7/03) Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Perangakt Daerah tahun 2017 Resmi dibuka oleh Bupati Bungo H. Mashuri yang Bertempat di Aula Cempaka Kuning Kantor Bappeda Bungo. Selaku Kepala Bappeda Hamim Asrori dalam laporannya mengatakan rakor ini merupakan forum koordinasi strategis dalam menentukan prioritas pembangunan sektoral terutama perangkat daerah yang terkait dengan pelayanan publik. Selain itu rakor ini guna untuk perencanaan partisipatif yang berasal dari musrembang kecamatan dengan pendekatan teknokratis yang dikembangkan perangkat daerah berdasarkan kebijakan dan program prioritas daerah. Forum perangkat daerah ini sebagai wadah antara perangkat daerah dan jajarannya dalam rangka pembahasan rencana kerja perangkat daerah yang mengacu pada usulan kegiatan dari masyarakat, rencana program dan prioritas perangkat daerah, rencana prioritas daerah dan program unggulan visi dan misi Bupati untuk bungo maju dan sejahtera (Master). selanjutnya ia mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari dan dimulai pada tangga 7maret s/d 9 maret 2017. Adapun peserta kegiatan adalah organisasi perangakat daerah dan camat Sekabupaten Bungo. Adapun hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah rancangan renja perangkat daerah, hasil forun renja perangkat daerah menjadi bahan pemutakhiran rancangan RKPD untuk selanjutnya dibahas didalam musrembang RKPD tingkat kabupaten. Rumusan kesepakatan hasil forum renja perangkat daerah disusun kedalam berita acara kesepakatan hasil forum renja perangkat daerah beserta lampiran-lampiran. Sementara Bupati H. Mashuri saat sampaikan arahannya mengatakan rakor yang dilaksanakan ini adalah satu mata rantai dari pelaksanaan perencanaan pembangunan dan salah satu bagian yang sangat penting dalam proses penyusunan draf RKPD untuk tahun 2018. Forum ini sebagai tindak lanjut dari musrembang tingkat kecamatan, agar dilakukan sinkronisasi prioritas pembangunan oleh perangkat daerah untuk pelaksanaan musrembang tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pertengahan bulan maret.

23-02-2017  Dewan Giring Pemekaran Kabupaten Bungo
Muara Bungo – Proses menuju terwujudnya pemekaran Kabupaten dan Kota setidaknya sudah dimulai sejak 15 tahun lalu, sejak kepemimpinan Zulfikar Ahmad diperiode pertama. Periode kedua sudah ditindak lanjuti dan terus bergulir hingga saat ini. Wakil Ketua DPRD Syarkoni Syam dan Ketua Komisi I Al Mahfuz bicara soal pemekaran saat ini terus bergulir. Syarkoni Syam mengatakan bahwa dilihat dari dianggarkannya di APBD Bungo untuk melanjutkan proses pemekaran. Saat ini, proses tinggal melanjutkan ke pemerintah pusat saja. Tinggal kebijakan apa yang harus dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bungo.
Terkait ini Al Mahfus mengatakan proses yang hampir 15 tahun ini sudah cukup panjang, semua pihak yang memiliki kewenangan memang harus serius dalam percepatan pemekaran. Terwujudnya pemekaran kota Muara Bungo sangat penting untuk persiapan menjadi Ibu Kota Jambi Barat dikemudian hari. Selain itu selaras juga dengan semangat Bupati Bungo H Mashuri untuk mewujudkan berdirinya kantor imigrasi, kemudian pengembangan bandara, itu akan menjadi faktor sangat penting untuk masa depan kota Muara Bungo menjadi magnet baru bagi Jambi Barat kelak.

10-01-2017  NOMENKLATUR SKPD KABUPATEN BUNGO TAHUN 2017
Muara Bungo- Untuk melaksanakan ketentuan pasal 3 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, maka ditetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Bungo Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah yang mulai berlaku pada tanggal 06 Oktober 2016. Dengan Peraturan Daerah ini dibentuk Perangkat Daerah dengan susunan sebagai berikut :
1. Sekretariat Daerah
2. Sekretariat DPRD
3. Inspektorat
4. Dinas Pendidikan
5. Dinas Kesehatan
6. Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman
7. Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan
8. Dinas Peternakan dan Perikanan
9. Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan
10. Dinas Lingkungan Hidup
11. Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata
12. Dinas Ketahanan Pangan
13. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
14. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
15. Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
16. Dinas Perhubungan
17. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Dusun
18. Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah
19. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
20. Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran
21. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
22. Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah
23. Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah
24. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah

30-11-2016  BADAN PELAKSANAN PENYULUHAN PERTANIAN, PERIKANAN DAN KEHUTANAN (BP4K) MINTAK RIO BANTU PETANI
Muara Bungo – Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Bungo berharap kepada pemerintah Dusun atau Rio dapat ikut membantu petani. Kepala BP4K Kabupaten Bungo mengatakan anggaran yang dimiliki oleh setiap Dusun saat ini cukup besar, sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan mutu petani disetiap dusun tersebut. Selain itu dikatakanya, bahwa beberapa Dusun di Kabupaten Bungo sudah menganggarkan anggaran untuk pelatihan- pelatihan bagi para petani. Seperti Dusun karang Apung, Dusun Muarabuat di Kecamatan Bathin III Ulu, Dusun Sungai Mancur Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas dan ada beberapa Dusun lainya.
Pelatihan yang akan dilaksanakan akan membantu petani untuk meningkatkan mutu petani. Seperti di Kecamatan Bathin III Ulu, Dusun Muarabuat dan Dusun Karang Apung membuat pelatihan menanam padi jajar logowo dan berternak itik. Jika berhasil padi jajar logowo dan ternak itik akan meningkatkan penghasilan petani. Selain untuk pelatihan bagi para petani, dia juga berharap Dusun membuat program peningkatan hasil pertanian, seperti membangun irigasi, pembibitan dan lain sebagainya. Menurutnya pemerintah kabupaten saat ini tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membantu para petani, karena itu harus adanya kerja sama dengan rio untuk meningkatkan produksi para petani

20-10-2016  PEMKAB PERINGATI HUT BUNGO KE-51
Muara Bungo- Rabu (19/10) kemaren Kabupaten Bungo genap berusia 51 tahun. Beberapa rangkaian acara di gelar oleh Pemkab Bungo untuk memeriahkan hari bersejarah itu. Sejumlah acara sudah diselenggarakan mulai pekan lalu. Dimulai dari jalan sehat, lomba tradisional antar SKPD hingga sejumlah turnamen olahraga. Dan kemarin tepatnya hari rabu (19/10) menjadi puncaknya, pameran pembangunan dan bazar resmi dibuka oleh Bupati H Mashuri. Kemudian malam harinya, festival Pusparagam dibuka Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar. sebanyak 138 stand yang berdiri dilokasi pameran pembangunan dan bazar. Diantaranya 31 stand SKPD, 1 Instansi, BUMN/BUMD sebanyak 1 stand terdiri dari 11 Perbankan, 17 Kecamatan, 1 Asosiasi Perbankan, 1 stand PKK dan GOW serta stand para pelaku usaha sebanyak 86. Pameran pembangunan ini di gelar untuk ajak informasi dan promosi bagi SKPD/ Instansi Vertikal, BUMN/BUMD dalam peningkatan pembangunan yang telah dicapai dari tahun ke tahun. Selain itu bagi perusahaan juga sebagai wadah untuk berpromosi. Pameran ini digelar selama lima hari dimulai dari tanggal 19 oktober hingga 23 oktober mendatang. Selain itu bupati juga memberikan apresiasi dan reward kepada 22 petugas kebersihan dan pertamanan terbaik. Usai pembukaan pameran, Bupati bersama Wabub H Safarudin Dwi Apriyanto, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi HJ Rohima, Ketua TP PKK Bungo HJ Verawaty Mashuri, Ketua GOW Ny Nining Wilasari, unsur Forkompimda menyempatkan meninjau stand. Karena keterbatasan waktu, tinjauan dilanjutkan malam hari usai pembukaan festival Pusparagam.

12-10-2016  INFORMASI HARGA TINGKAT PEDAGANG BORONGAN / ECERAN KABUPATEN BUNGO DINAS KOPERASI,UMKM, PERINDAG KABUPATEN BUNGO
12 Oktober 2016

26-09-2016  INFORMASI HARGA TINGKAT PEDAGANG BORONGAN / ECERAN KABUPATEN BUNGO DINAS KOPERASI,UMKM, PERINDAG KABUPATEN BUNGO
26 AGUSTUS 2016

26-09-2016  November Sudah Di Serahkan Ke DPRD BAPPEDA Fokus Finising RPJMD
Muara Bungo – Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. Perencanaan Pemerintah Daerah untuk periode 5 tahun yang memuat penjabaran visi, misi dan program dari kepala daerah baru. Dalam penyusunan RPJMD ini memperhatikan RPJM Nasional yang didalamnya memuat arah Kebijakan Keuangan Daerah, Strategi Pembangunan, Kebijakan Umum Dan Program SKPD. Dalam penyusunan RPJMD akan dipercepat dan akan diserahkan oleh Bappeda pada November 2016 mendatang kepada DPRD Bungo untuk dibahas lebih rinci. Jumat (23/9), Kepala Bappeda Deddy Irawan menuturkan dirinya belum bisa menyebutkan untuk pencapaian saat ini. Namun dirinya mengaku saat ini lebih fokus ke arah finising sesuai perintah bupati dan secepatnya pada november mendatang sudah selesai. Dalam penyusunan RPJMD salah satu pembangunan skala besar dari APBD baik dari pusat maupun dari daerah itu sendiri disebutkan oleh Kepala Bappeda bahwasannya itu tetap mengacu pada keuangan daerah, diakuinya kemungkinan besar tidak terlalu banyak hal yang besar akan dilakukan namun besar kemungkinan mengarah pembangunan yang standar. Kemudian kepala Bappeda menyebutkan dari sekian RPJMD yang telah disusun salah satunya untuk Pariwisata. Ia menjelaskan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Bupati Bungo yang ingin menjadikan beberapa titik sebagai lokasi wisata, salah satunya di Lubuk Beringin. Dirinya juga mengatakan pemerataan pembangunan di Kabupaten Bungo dipastikan semuanya merata, hingga nantinya akan dilakukan beberapa titik sentral pembangunan salah satunya pengembangan perikanan di Sungai Buluh.

Hal : 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  11  12  13  14  15  16  17  18  19  20  21  22 

GALLERY

Oorientasi Wilayah Perencanaan Provinsi

Curah Hujan

Orientasi Wilayah Perencanaan

Penduduk

TUTUPAN LAHAN (LAND USE EXISTING)

Topografi

Hal : [ 1 ] 2 3 4 5 

INFORMASI PENGUNJUNG :

IP Address : 54.162.44.105
Browser : CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)

Anda adalah pengunjung kami yang ke : 77602

Statistik Pengunjung Web 6 Bulan Terakhir

2048
3246
1873
1716
921
2354

12-2016

01-2017

02-2017

03-2017

04-2017

05-2017